Kamis, 18 April 2024
spot_img

Pameran Seni Rupa di Artotel Batam, Gunakan Teknologi Kamera Ponsel

Berita Terkait

spot_img
IMG 2284 scaled e1709387790914
Pameran bertajuk Coloury V.2: Lyfe and Let Laff” secara resmi dibuka di Artotel Batam pada Jumat (1/3) sore.

batampos – Artotel Batam kembali mempersembahkan pameran seni rupa. Kali ini dengan menampilkan karya-karya seni rupa fotografi (art-photography) dari seorang seniman jebolan ISI Yogyakarta, Ryan Luqman Hakim.

Pameran ini bertajuk Coloury V.2: Lyfe and Let Laff” dan secara resmi dibuka pada Jumat (1/3) sore. Pembukaan turut dihadiri Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata.

Ryan mengatakan karya seni rupa yang ditampilkan merupakan karya seni rupa fotografi yang dikategorikan neo-still-life. Total yang ditampilkan 10 karya.

“Karya ini dengan menggunakan teknologi digital-camera dari perangkat telepon genggam,” ujarnya.

Baca Juga: Chery Hadirkan Diler Pertama Di Batam, Luncurkan Produk Terbaru dengan Fitur dan Keamanan Komplit

Ia menjelaskan dalam pameran ini ia berupaya menyodorkan suatu perspektif tentang bagaimana memahami kehidupan. Diantaranya dengan mentransformasikannya pada presentasi secara detail dari objek-objek yang menurut orang lain tidak penting dan terabaikan.

Karya tersebut mengamplifikasi objek-objek yang teralienasi dengan konsep estetik pada setiap karyanya. Kemudian kode-kode yang ditampilkan memiliki kekhasan jelas, baik dari komposisi maupun pilihan warna-warna yang kontras, tekstur yang kuat, dan garis-garis tegas.

“Kita tidak lagi disodori karya seni fotografi tapi seperti melihat lukisan abstrak, dengan berbagai visualisasi yang dinamis, dan meriah,” katanya.

Sementara Sales Marketing Manager Artotel Batam, Maria Rizki mengatakan pameran ini bertujuan memeberikan pemahaman baru dari pengunjung, khususnya para tamu yang datang tentang karya seni rupa kontemporer, terutama seni rupa fotografi.

Baca Juga: Hari Pertama Pengurusan SKCK dengan Syarat BPJS Kesehatan di Polresta Barelang

“Karya seni rupa kontemporer, terutama seni rupa fotografi sebagai jenis karya seni yang penting untuk dipresentasikan dan diapresiasi,” katanya.

Ia menambahkan Artotel Batam juga terus berkomitmen mendukung perkembangan seni rupa khususnya di Batam, dengan memfasilitasi para seniman, baik dari dalam maupun luar Batam.

“Untuk dapat mempresentasikan karyanya, kita menyediakan dalam bentuk pameran di Artspace,” tutupnya. Pameran ini berlangsung dari 1 Maret hingga 2 Juni mendatang.(*)

 

Reporter: Yofi Yuhendri

spot_img

Update