Rabu, 4 Desember 2024

Pelayanan di Dinas Kependudukan Kembali Manual

Berita Terkait

spot_img
Ilustrasi. Pelayanan dokumen kependudukan di Disdukcapil Kota Batam. Foto: Dalil Harahap

batampos – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam kembali menerapkan pelayanan manual.

Hal ini, pasca tidak bisa diaksesnya pendaftaran online karena telah diterapkannya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terpusat.


Kepala Bidang Pelayanan Catatan Sipil, Gita Malinda, mengatakan, sudah hampir dua minggu pelayanan di Disdukcapil kembali ramai setiap harinya.

Ada ratusan berkas pengajuan yang diterima mulai dari pengurusan surat pindah, berbagai jenis akta, dan lainnya.

“Tidak bisa online lagi. Jadi, setiap hari pelayanan penuh, karena biasanya bisa akses online melalui Disdukcapil.batam.go.id, dan sekarang tidak bisa, setelah dilakukan data terpusat,” kata dia.

Gita mengakui untuk efisiensi dan optimalisasi pelayanan memang lebih terbantu dengan adanya pelayanan online. Hal ini karena masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil.

Mereka cukup akses website online dan bisa pilih mode pelayanan yang dibutuhkan.

“Dari rumah, kantor bisa. Sehingga untuk waktu lebih efisien. Namun sekarang untuk sementara tidak bisa diakses. Hal ini terjadi di seluruh Indonesia. Kemarin informasi terakhir akan aktif 31 Maret, namun sampai saat ini belum bisa diakses juga,” bebernya.

Layanan Disdukcapil kembali seperti dulu, masyarakat yang ada keperluan harus mendatangi kantor untuk menyerahkan berkas.

Setelah verifikasi dan diproses, baru kembali lagi untuk mengambil berkas yang sudah diajukan.

“Mau tidak mau harus kembali ke manual seperti dulu. Padahal online sudah sangat memudahkan pekerjaan baik bagi pemohon maupun petugas di kantor tentunya,” sebutnya.

Ia juga belum bisa menjelaskan sampai kapan sistem online ini tidak bisa diakses. Mungkin nantinya akan ada online terpusat juga untuk pelayanan Dukcapil ini.

Ia berharap masyarakat mengerti dengan pengalihan pelayanan untuk sementara ini.

“Saya berharap masyarakat bisa memahami. Dan tentu semua berharap sistem online bisa segera dibuka, karena lebih memudahkan. Kalau sekarang semua harus dan wajib ke kantor untuk urus dokumen kependudukan,” terangnya.

Meskipun ramai pemohon, sejauh ini pengajuan berkas masih diterima. Petugas loket juga terlihat sibuk, karena ratusan berkas yang masuk.

“Kami upayakan mengoptimalkan pelayanan tentunya intinya layanan ke masyarakat tidak terganggu,” tutupnya.(*)

Reporter: Yulitavia

spot_img

Update