Rabu, 30 November 2022

Pentingnya Mengatur Financial di Masa Remaja

spot_img

Berita Terkait

spot_img
Web
Ilustrasi by rawpixel.com on Freepik

batampos – Saat memasuki usia remaja, mengetahui bagaimana mengatur keuangan remaja yang efektif merupakan pengetahuan yang perlu dimiliki oleh siapa saja, tidak memandang dari segi umur karena jika mengatur keuangan dilakukan dengan cara yang kurang tepat, maka nanti bisa berdampak di usia tua. Selain itu, pasti rasanya kalian ingin membeli yang kamu impikan atau hangout ke manapun yang kamu kunjungin bukan?

Well, memiliki keinginan tersebut itu sah sah saja ya guys, tapi akan menjadi bencana jika kamu tidak bisa mengatur keuangan dengan baik. Supaya setiap bulan kamu nggak merasa tekor meulu, tentunya kamu bisa menabung demi menuju kebebasan financial dimasa depan lho! Kamu bisa menerapkan tips mengelola keuanganmu, nggak akan sulit jika kamu belajar membiasakan diri dan niat dari hatimu.

  • Catat dan Evaluasi Financial
    First, kamu bisa mencatat keuangan kamu secara rutin, dengan ini kamu akan tahu ke mana saja uang kamu terpakai selama ini. Kamu juga bisa mengetahui bagian mana yang bisa kamu pangkas sehingga menekan pengeluaran. Untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran financial kamu, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi financial di hp kamu secara gratis yang dapat kamu unduh.
  • Manfaatkan Diskon dan Cashback saat Chekout
    Untuk menghemat pengeluaranmu saat belanja, kamu bisa lho memanfaatkan diskonan atau cashback yang sudah tersedia. Di tanggal-tanggal tertentu akan ada e-commerce diskon atau cashback tertentu yang bisa kamu gunakan.
  • Hindari Berbelanja secara berlebihan
    Aktivitas belanja sangat digemari oleh semua kalangan, dengan berbelanja seseorang akan merasa bahagia dan merasa puas. Namun, jika kebiasaan belanja dilakukan secara berlebihan maka akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi keuangan kita. Kamu bisa mengendalikan berbelanja secara berlebihan dengan menentukan anggaran terlebih dahulu. Sebelum berbelanja sebaiknya tentukan dulu anggaran sehingga semuanya bisa terukur, dan jika tidak menggunakan anggaran maka akan terjadi pemborosan, Hindari menggunakan kartu, tabung uang daripada dibelanjakan, dan menjaga diri agar tidak mudah tergoda.
  • Berinvestasi boleh, Tapi…
    Berinvestasi sama dengan menabung. Tapi kamu harus berhati-hati dalam memilih instrumen investasi ya, karena kamu bisa salah dan terjebak di investasi bodong yang hanya dengan iming-iming imbalan dengan hasil yang besar. Kamu bisa memanfatkan investasi ini sebagai tabungan jangka panjang. Dengan rutin menambah modal tiap bulan, uangmu akan berkembang menjadi pemasukan pasif yang akan datang.
  • Mencari Penghasilan Tambahan
    Mencari penghasilan tambahan bisa saja dilakukan oleh remaja, asalkan tidak mengganggu hak dan kewajiban dalam menempuh pendidikan. Mencari penghasilan tambajan yang dapat dilakukan remaja bisa dengan belajar berjualan walaupun masih dalam skala kecil. Membangum bisnis di usia remaja saat ini bukan menjadi hal asing lagi, karena banyal pengusaha sukses yang memulai dengan belajar berjualan, atau dengan mencari partime di perusahan lainnya. (*)
spot_img
spot_img
spot_img

Update