Selasa, 16 April 2024
spot_img

Perayaan Minggu Palma Berlangsung Aman dan Tertib di Gereja MBPA Sagulung

Berita Terkait

spot_img

8d800dbb 7b5f 4f71 b5c6 9edc0a10f872 e1711260671507batampos– Umat Katolik di wilayah Batuaji dan Sagulung antusias mengikuti misa Minggu Palma, Minggu (25/3) pagi. Ribuan umat berjubel dengan menenteng daun palma di gereja paroki Maria Bunda Pembantu Abadi (MBPA) di kaveling Baru, Sagulung.

Minggu Palma yang merupakan Minggu sebelum memasuki pekan suci perayaan Paskah yang mana umat Katolik merayakan ibadah dengan menentang daun palem. Daun palem yang dalam tradisi Yunani- Romawi sebagai simbol kemenangan ini untuk memperingati perarakan masuknya Yesus ke dalam kota Yerusalem.

Berdasarkan kisah dalam Injil ini, diketahui bahwa pengikut Yesus menutupi badan jalan yang akan dilalui dengan daun palem sebelum Yesus melewatinya. Tindakan itu sebagai sebuah penghormatan terhadap Yesus yang dimuliakan.

BACA JUGA: Program Minggu Kasih, Polsek Bengkong Sambangi Gereja

Pastor Paroki MBPA RD Emanuel Vengi Nivak dalam homili nya juga menyampaikan pesan makna perayaan Minggu Palma ini. Sesuai dengan simbolnya sebagai tanda kemenangan, hendaknya umat Katolik di Paroki MBPA menandai kemenangan diri dari dosa dan kesalahan melalui pertobatan menyongsong perayaan Paskah yang rangkaiannya dimulai Kamis (28/3) malam nanti.
“Semoga kita semua bangkit bersama Kristus menjadi pribadi yang lebih baik lagi, ” pesan Emanuel.

Pantauan di lapangan, dipadati ribuan umat, perayaan misa minggu Palma ini berlangsung khusuk dan tertib. Umat benar-benar merenungkan perayaan misa minggu palma tersebut agar menjadi pribadi yang pantas dan layak menyambut pekanbaru suci perayaan Paskah nanti. (*)

 

Reporter: Eusebius Sara

spot_img

Update