Senin, 25 November 2024

PLN Batam Berhasil Pulihkan 100 Persen Sistem dan Pelayanan Kelistrikan

Berita Terkait

spot_img
Petugas PLN Batam melakukan pemeriksaan di salah satu pembangkit. PT PLN Batam berhasil memulihkan 100 persen sistem dan pelayanan kelistrikan di Batam-Bintan, pasca terjadinya gangguan pada Minggu (1/1/2023). Foto: PLN Batam untuk Batam Pos

batampos – PT PLN Batam berhasil memulihkan 100 persen sistem dan pelayanan kelistrikan di Batam-Bintan, pasca terjadinya gangguan pada Minggu (1/1/2023).

PT PLN Batam memastikan 508 ribu pelanggan di pulau Batam dan Bintan yang sebelumnya terdampak kini telah menyala kembali.


Corporate Secretary PT PLN Batam, Hamidi Hamid, mengatakan, tulang punggung kelistrikan Batam dan Bintan yaitu pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Tanjungkasam unit 1 dan 2 berkapasitas 99 megawatt (MW).

Serta pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Tanjunguncang 1 dan 2 dan STG berkapasitas 120 MW kini kembali memasok listrik ke sistem kelistrikan Batam-Bintan.

Baca Juga: Apindo: PLN Batam Harus Memberi Kompensasi

“Dengan bergabungnya dua pembangkit besar tersebut maka 16 gardu induk dan 16 transmisi, serta 508 ribu pelanggan sudah mendapat pasokan listrik secara normal,” tuturnya melalui pernyataan tertulisnya yang diterima Batam Pos, Selasa (3/1/2023).

Sebelumnya PLN Batam bergerak cepat memulihkan kelistrikan dengan mengerahkan seluruh personel siaga dan mengaktifkan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang ada di Batam untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Pulihnya kelistrikan ini juga tidak lepas dari kolaborasi dengan berbagai stakeholder, seperti pemerintah daerah, TNI, Polri, BMKG dan masyarakat Batam dan Bintan.

Baca Juga: PLN Belum Bisa Menyimpulkan Penyebab Putusnya Aliran Listrik Batam-Bintan

“Kami juga menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan seluruh stakeholders. Melalui kolaborasi, kami bisa menormalkan kelistrikan di Batam- Bintan ,” ucap Hamidi.

Tercatat saat ini daya mampu pasok di sistem Batam-Bintan sebesar 504,2 MW dan beban puncak 472,9 MW dengan cadangan daya 31,3 MW.

Baca Juga: Apindo dan HKI Bilang Begini Terkait Pemadaman Listrik Diawal Tahun 2023 di Batam

PLN Batam juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh masyarakat serta memohon dukungan serta doa dari masyarakat agar sistem kelistrikan dapat berlangsung aman.

“Jika membutuhkah layanan atau kanal pengaduan dari PLN Batam dapat diakses melalui contact center 123,” pungkas Hamidi.(*)

spot_img

Baca Juga

Update