Senin, 23 September 2024

Polda Kepri Sediakan Layanan Samsat Khusus untuk Masyarakat Pulau

Berita Terkait

spot_img
Samsat Corner DC Mall f Iman Wachyudi
Ilustrasi. Masyarakar membayar pajak kendaraan di Samsat Corner yang berada di DC Mall. Foto: Iman Wachyudi/Batam Pos

batampos – Polda Kepri menyediakan layanan Samsat, khusus untuk masyarakat di pulau-pulau di wilayah Kepri yang diberi nama ‘Samsat Antar Pulau’ (Sampul).

Direktur Ditlantas Polda Kepri, Kombes Pol Tri Yulianto mengatakan, layanan Samsat antar pulau ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tinggal di pulau-pulau yang letaknya jauh dari kantor Samsat.



“Pelayanan secara jemput bola ini dilakukan demi memberikan kemudahan kepada masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan,” ujarnya, Selasa (13/6).

Baca Juga: Pengumuman PPDB SD di Batam: 10.360 Siswa Diterima, 724 Siswa Tidak Diterima

Dirlantas menyebutkan pelayanan ini merupakan salah satu upaya dari Ditlantas Polda Kepri bersama-sama dengan tim pembina Samsat yang dalam hal ini adalah Bapenda dan Jasa Raharja Provinsi Kepri dalam mengembangkan inovasi pelayanan publik.

“Inovasi ini sangat perlu dilakukan melihat kondisi Provinsi Kepri yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi laut dan daratannya terdiri dari banyak gugusan Pulau,” sebutnya.

Samsat antar pulau ini nantinya akan melayani pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan, pajak kendaraan bermotor tahunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

“Nanti juga disertakan pelayanan cek fisik antar pulau untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan STNK lima tahunan,” katanya.

Baca Juga: Tujuan Tanjungpinang, 66 Penumpang Citilink Memilih Turun di Batam

Dengan adanya inovasi ini, diharapkan dapat mempermudah dan membantu masyarakat yang berada di Kepulauan Riau baik dari segi efektivitas dan efisiensi waktu pelayanan, kemudahan pembayaran, akuntabilitas keuangan, tranparasi biaya dan persyaratan serta jaminan pelayanan.

“Kita selalu berupaya untuk memberikan pelayanan secara maksimal dan terbaik disetiap kesempatan, kami berharap masyarakat Kepri merasa nyaman dalam menerima pelayanan,” tutupnya. (*)

 

Reporter: Azis Maulana

spot_img

Update