Selasa, 23 April 2024
spot_img

Ribuan Pesepeda Jajal Rute Sepanjang 31 Kilometer

Berita Terkait

spot_img
6aeb26ea d2ad 4a80 a0f4 8514052b5157 e1699678649687batampos– Ribuan pesepeda meramaikan event Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) XII 2023, sukses menarik pesepeda dari lokal dan mancanegara.
Pesepeda mulai memadati garis start sejak pagi. Pesepeda ini akan melewati sebanyak 14 simpang dengan panjang rute mencapai 31 kilometer (km). Pesepeda menyelesaikan rute di garis finish Nuvasa Bay.
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan selamat datang di Batam untuk seluruh peserta. Event ini sekaligus ajang promosi kepada peserta Jamselinas.
“Ini promosi gratis. Karena sepanjang rute mereka bisa melihat pemandangan, dan menikmati jalan yang baru selesai dilebarkan,” sebut Rudi usai melepas pesepeda, Sabtu (12/11).
Rudi menyampaikan ke depan dengan selesainya pembangunan jalan ini, diharapkan seluruh event nasional maupun internasional bisa digelar di Batam. Menurutnya, Batam ini sangat mengandalkan pariwisata dan industri.
“Dengan promosi ini kami harap ada penyebaran informasi yang bagus tentang Batam. Sehingga penyelenggara event bisa memilih Batam untuk mejadi tuan rumah,” sebutnya.
Keberadaan event nasional maupun internasional bisa menjadi daya tarik, dan meningkatkan perekonomian. Angka kunjungan meningkat, dan akan berdampak terhadap ekosistem pariwisata.
“Banyak sektor akan mendapatkan keuntungan. Tidak saja hotel, restoran, namun juga diharapkan menyasar pelaku UMKM. Jadi ayok siapkan produk yang menarik, dan memenuhi standar kebutuhan wisman,” ungkap Rudi.
Ketua Panitia, Indra Haryanto mengatakan Jamselinas Batam XII berhasil diikuti peserta terbanyak selama penyelenggaraan event ini. Pesepeda benar-benar serius ingin ikut dalam pelaksanaan kegiatan ini.
“Kurang lebih diikuti 2.500 peserta baik mancanegara dan lokal,” sebutnya.
Sambutan sangat luar biasa dari peserta luar kota yang penuh semangat untuk turut andil meramaikan sport tourism ini.
Alhamdulillah, Batam dengan jumlah peserta nusantara yang terbanyak, dan jarak yang cukup jauh. Ya, pengorbanan harus naik pesawat ya, kita tahu transportasinya mahal ya untuk menuju Batam. Kami apresiasi minat dan antusias pesepeda ini,” beber Indra.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan pesepeda ini akan melewati perlintasan sepanjang 31 kilometer, dengan total 17 tanjakan.
Ardi menyebutkan berdasarkan data terbaru, untuk peserta dari Luar negeri, asal Malaysia mendaftar sebanyak 104 pesepeda, 97 dari Singapura, 1 Pesepeda dari Thailand, dan 2 dari Philipina.
Jamselinas XII nantinya akan melalui rute start dari ruas jalan Dataran Engku Putri, pit stop 1 di Taman Dang Anom, pit stop 2 di MTC, dan finish di Nuvasa Bay.
Sport tourism ini juga diharapkan memberikan kontribusi untuk penambahan jumlah wisatawan Singapore, Malaysia, terutama wisatawan domestik. (*)
reporter: yulitavia
spot_img

Update