batampos – Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II A Batam kembali perkenalkan layanan kepada masyarakat. Layanan yang paling diminati adalah besuk tatap muka.
Karutan Batam Fajar Teguh Wibowo menuturkan, setiap hari jadwal layanan tatap muka ini dibuka selalu ramai dengan kunjungan masyarakat dari luar. Layanan ini tetap dijalankan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ada dengan tetap mengedepankan protokol keamanan dan kenyamanan.
Keluarga warga binaan dapat melakukan kunjungan secara langsung, memberikan dukungan moral, dan menjaga ikatan emosional dengan warga binaan. “Ini salah satu layanan yang paling ramai di sini. Ini bagian dari hak warga binaan dan juga masyarakat di luar, ” ujar Fajar.
Selain itu, ada juga pelayanan penitipan barang dan makanan, proses ini dilakukan dengan cepat dan aman, memastikan barang dan makanan yang dititipkan kepada warga binaan sampai dengan baik, sesuai dengan aturan yang berlaku.
Layanan ini juga memberikan kenyamanan bagi keluarga untuk dapat mengirimkan kebutuhan bagi warga binaan dengan mudah. “Barang atau makanan yang dititipkan tentunya diperiksa untuk menghindari masuknya barang-barang yang dilarang terutama narkoba ke dalam lingkungan Rutan, ” ujar Fajar.
Selanjutnya, Rutan Batam juga memberikan layanan pengurusan pemberkasan Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB) bagi warga binaan yang telah memenuhi syarat.
Proses pengurusan dilakukan dengan transparan dan efisien, memberikan kemudahan bagi warga binaan untuk memperoleh hak-hak mereka sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Pelayanan yang prima adalah prioritas kami, dan kami akan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan di Rutan Batam,” ujarnya.
Dengan berbagai layanan yang tersedia, Rutan Batam berharap dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada masyarakat serta mendukung terciptanya sistem pemasyarakatan yang lebih baik dan kondusif. (*)
Reporter: Eusebius Sara