Minggu, 13 Oktober 2024

Survei Kepuasan Publik di Batam Kini Berbasis Digital, Dorong Partisipasi Warga

Berita Terkait

spot_img
jefridin 16
Sekda Kota Batam, Jefridin (kiri). Foto: Media Center Pemko Batam

batampos – Pemerintah Kota Batam meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi digital. Salah satu langkah terobosan yang dilakukan adalah penerapan aplikasi online untuk survei kepuasan masyarakat, yang mampu mempermudah masyarakat dalam memberikan umpan balik atas pelayanan yang diterima.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin menyampaikan hal tersebut saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) applikasi online survei kepuasan masyarakat.

“Bahwa aplikasi ini akan mendukung terwujudnya sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), sejalan dengan visi Batam menuju pelayanan publik yang lebih transparan, responsif, dan efektif,” ujarnya, Jumat (11/10).

Baca Juga: Jalan Amblas di Nongsa Rencananya Mulai Diperbaiki November

Penerapan aplikasi online survei kepuasan masyarakat adalah langkah inovatif yang penting. Ini bukan hanya membantu kami menilai kinerja pelayanan publik, tapi juga memberikan ruang bagi masyarakat untuk terlibat aktif dalam menilai layanan yang mereka terima.

Jefridin menjelaskan bahwa hasil survei kepuasan masyarakat akan dijadikan acuan untuk menilai kinerja unit pelayanan di berbagai instansi pemerintah Kota Batam.

Survei ini juga berfungsi sebagai umpan balik berkala untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara terus menerus.

“Survei ini sangat penting, karena dapat menjadi tolok ukur pencapaian kinerja pelayanan publik di Kota Batam,” kata dia.

Baca Juga: Pemko Batam Segera Cairkan Dana Hibah untuk 84 Rumah Ibadah

Masyarakat sebagai pengguna layanan berhak menilai dan memberikan umpan balik atas pelayanan yang mereka terima, sehingga kami bisa terus melakukan perbaikan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa hasil survei ini akan menjadi indikator penting dalam penilaian reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Kementerian PAN RB setiap tahunnya.

“Dengan adanya survei ini, Pemkot Batam berharap dapat mencapai indeks kepuasan masyarakat yang optimal,” tutupnya. (*)

 

Reporter: Azis Maulana

spot_img

Update