batampos – Pakar digital branding, Bernard Huang berbagi tips memajukan usaha dan bisnis di era kemajuan digital saat ini. Menurutnya, brand sangat berperan penting dalam mengembangkan sebuah produk yang dipasarkan.
BACA JUGA:
Dari Food Blogger Bernard Huang Bangun Bisnis Digital Branding
Selebgram Bernard Huang Bantu Pedagang Kecil lewat PSBB
Selebgram terkenal Kepri dengan pengikut 122 ribu follower yang membuatnya diperhitungkan sebagai influencer nasional ini menyebutkan, branding produk menjadi hal yang krusial saat ini. “Tanpa branding, suatu produk akan sulit berjalan. Jangankan bertahan, untuk berkembang pun kalau tidak dipasarkan secara tepat di masa digital begini, ya akan susah,” ujar Bernard ketika ditemui di kawasan Batam Center, kemarin.
Lantas bagaimana untuk memajukan usaha bisnis di masa kini? pemilik akun Instagram @bernard_huangg ini pun membagikan sejumlah tips digital branding untuk usaha sehingga lebih dikenal masyarakat luas. Ada pun tiga diantaranya, yakni:
1. Menjaga kualitas produk. Menurut Bernard, jika kualitas produk tetap terjaga baik itu produk makanan ataupun bukan makanan, konsumen akan puas. Dengan begitu, mereka akan kembali datang membeli produk serupa atau repeat order.
2. Menggunakan kemasan yang menarik atau unik.
Dalam perkembangan dunia digital dan sosial media membuat dunia terhubung secara global. Dalam konteks ini, eksistensi menjadi hal yang utama. Demikian halnya dengan pengemasan produk.
“Kemasan tak kalah penting dalam branding suatu produk, karena itu merupakan identitas dari produk itu. Ibarat air mineral merk Aqua, jika labelnya kita lepas, ya kita tetap akan tahu kemasan botol tersebut adalah merk Aqua. Kemasannya menjelaskannya. Sejalan dengan eksistensi kita saat ini, tampilan kita menjelaskan siapa diri kita. Ini penting,” ujar Bernard.
Lantas, dia pun membagikan tips ke-3 yakni, sering beriklan. Menurutnya, iklan merupakan salah satu yang terpenting untuk menghidupkan suatu brand, tetapi hal ini juga yang paling sering terlupakan oleh para pelaku usaha.
“Lupa karna fokus cari omzet, lupa karna fokus promosi dalam bentuk lain, lupa karena banyak urusan pribadi lainnya. Padahal, iklan ini sangat
penting dan wajib dilakukan jika mau menaikan brand dengan cepat sehingga dikenal dan jadi pembicaraan masyarakat luas,” jelas pria 34 tahun ini.
Tips ini kerap Bernard bagikan saat ia diminta sebagai pembciara dalam berbagai kesempatan seminar bertema Digital Branding dan Digital Enterpreneurship bagi para pengusaha terutama UMKM di seluruh Indonesia.
“Sekarang mari kembali ke dasar. Sesuai namanya, branding. Kalau di Bahasa Indonesia artinya merek. Dalam bahasa bisnisnya, branding itu ya pencitraan produk sehingga tampilan dan isinya dikenal luas oleh para konsumen,” jelasnya.
Jadi singkatnya, tambah Bernard, tanpa branding maka suatu produk atau merek tidak akan dikenal oleh konsumen secara banyak.
“Tanpa branding bagaimana orang dapat mengenal produk kita? Ibarat pepatah Tak kenal maka tak sayang, begitu juga dengan produk yang kita pasarkan jika belum di kenal maka tidak akan ada pembeli untuk produk kita. Nah makanya lalukanlah tips itu,” ujarnya.
Mengenai iklan sendiri, beberapa cara paling efektif menurut Bernard Huang, yakni pelaku bisnis dan usaha bisa beriklan secara konvensional seperti membagikan flyer, gantung spanduk, sampai pemasangan baliho, atau beriklan di media cetak yang paling banyak dibaca orang.
“Cara itu masih efektif sampai sekarang tapi dengan jangkauan terbatas tentunya. Kalau mau jangkauan luas, gunakan media sosial beradsense, seperti Youtube, Instagram, Facebook ataupun Google, atau media online. Beriklan saat ini tak hanya sebatas promosi flyer, namun bisa juga dilakukan soft selling seperti advertorial berita,” ungkapnya.
Selebgram yang hobi makan ini menyebutkan, tips memajukan bisnis lewat digital branding ini sudah ia lakukan sendiri ke salah satu cabang bisnisnya, yakni Mr B Coffee. Kafe yang ia baru buka selama 10 bulan berjalan ini telah mampu dikenal masyarakat luas. “Dengan pemasaran yang baik, jangkauannya pas, maka produk kita dikenal luas, konsumen pun akan datang dengan sendirinya. Kita? tinggal menikmati omset sambil terus berkarya mencipta promo supaya makin dilirik konsumen,” jelasnya.
Mr B Coffee milik Bernard Huang ini termasuk coffee shop yang diperhitungkan di Batam saat ini. Walaupun banyak brand kopi nasional yang kuat tapi Mr B coffee tetap stabil sejak dibuka awal Januari 2022 lalu.
Masih menurut Bernard, membangun suatu branding perusahaan bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu dan proses yang panjang agar suatu brand / produk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Nah bagi mereka yang melakukan branding dengan baik, otomatis produknya akan dikenal dan pasti mendapat loyalitas dari konsumen mereka. ”
Jadi mulai sekarang perdalam pengetahuan kalian tentang branding agar produk kalian bisa lebih dikenal dan laku nantinya. “Bagi yang mau berdiskusi lebih lagi dan berminat menggunakan jasa untuk konsultasi mengenai Digital Branding produk lain, bisa langsung menghubungi saya lewat Direct Message ke akun Instagram saya pribadi @bernard_huangg,” tutup Bernard. (*)
Reporter: Chahaya Simanjuntak