batampos – Ribuan warga dari beberapa perumahan Tanjunguncang menggeruduk BP Batam, Senin (7/11/2022). Mereka mengeluhkan kesulitan dalam mendapatkan air bersih.
Ketua RW 15 Perumahan Putra Jaya Tanjunguncang, Azwar Sukendi, mengatakan, sebelumnya mereka telah mendatangi Kantor PT Air Batam Hilir.
Dimana PT Air Batam Hilir menjanjikan akan mendistribusikan air dengan mobil tangki ke sejumlah perumahan yang masih kesulitan mendapatkan aliran air.
Baca Juga:Â Padat, Desak-desakan, Ditutup, Kini, Job Fair Buka Lagi di 2 Lokasi
“(Mobil tangki itu) Tidak maksimal. Harus ditelepon dulu atau kita minta air baru (dikirim mobil tangki),” ujarnya.
Ia melanjutkan, setelah dihubungi PT Air Batam Hilir mengirimkan dua hingga tiga mobil tangki, dan setiap RT mendapatkan jatah satu mobil tangki.
Kondisi ini tentunya masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Putra Jaya yang berjumlah sekitar 4.000 KK.
Baca Juga:Â Kapten dan 11 Kru Hilang di Laut Taiwan, Keluarga di Batam Berharap Mereka masih Selamat
“Jadi ada RT yang tidak dapat sama sekali dan ada yang dapat,” katanya.
Untuk itu, ia bersama dengan warga lainnya menantikan janji dari Kepala BP Batam yang sekaligus Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Orang nomor satu di Batam itu, berjanji akan mengalirkan air selama 8 jam per hari.
“Kita tengok nanti kan nanti pulang air hidup atau tidak. Kemudian ada 45 ribu kubik air yang akan diantar ke RW 15,” katanya.
Ia menambahkan, permasalahan air ini sudah dirasakan masyarakat Perumahan Putra Jaya selama lebih dari 10 tahun. Selama ini, air hanya hidup pada tengah malam.
Baca Juga:Â Sepekan Berlalu, Pameran PKP Great Sale Diskon 50% Diserbu Pengunjung
Parahnya lagi, dalam beberapa minggu terakhir, air tidak mengalir sama sekali selama 24 jam.
“Setelah dari kantor SPAM kemarin biasa jam 02.00 malam, itu jam 11 malam sudah hidup sampai jam 04.00 subuh. Lancarnya dua malam, setelah itu tak tau kita baru kemarin terakhir,” imbuhnya.(*)