Selasa, 23 April 2024
spot_img

Kabel PJU di Depan Pintu 2 Piayu Dicuri

Berita Terkait

spot_img
kabel pju 1
Kabel PJU di depan pintu 2 Piayu hilang dicuri. Akibatnya, penerangan jalan di sepanjang pintu 2 sampai pintu 3 mati. Foto: Istimewa untuk Batam Pos

batampos – Aksi pencurian kabel penerangan jalan umum (PJU) tampaknya masih akan belum berhenti. Kali ini, kabel PJU di depan pintu 2 Piayu hilang dicuri. Akibatnya, penerangan jalan di sepanjang pintu 2 sampai pintu 3 mati.

“Kehilangan kabel PJU ini diketahui saat tim PJU melakukan patroli dan pengecekan fasilitas umum tersebut, ” ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Batam, Yumasnur, Minggu (11/3/2023).

Disebutnya, pelaku memotong kabel PJU. Sehingga PJU tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk perbaikan, tim teknis akan menggali untuk diperbaiki.

Baca Juga: Pemko Batam Minta Provinsi Kepri untuk Menangani Jalan Laksamana Bintan

Pencurian kabel PJU ini tak hanya kerugian materi saja, namun masyarakat juga akan terganggu. Pasalnya jalan akan menjadi gelap karena tak ada penerangan.

Hingga Maret ini total kerusakan pada PJU sudah mencapai puluhan unit. Bahkan satu unit tiang PJU berukuran 9 meter juga sudah raib digondol pelaku pencurian.

Sebelumnya, PJU di dekat Polsek Seibeduk arah Kampung Bagan, Sungai Beduk juga berhasil digondol pelaku.

Selanjutnya, kabel PJU di dekat Bukit Kemuning menuju Perumahan Puri Agung juga dicuri.

Baca Juga: Pemko Batam Gelar Pasar Murah 20 Kali untuk Tekan Harga Sembako Saat Ramadan

Lalu beberapa hari sebelumnya, tiang PJU di Bukit Sentosa Piayu diduga akan dicuri. Kondisi tiang PJU saat ditemukan telah tumbang, sedangkan mur beserta kabel PJU ikut raib.

Diduga tiang PJU ini akan dicuri, namun belum sempat dibawa pelaku. Sehingga mur dan kabel yang menjadi sasarannya.

“Yang paling kasihan pengguna jalan pastinya. Karena kalau terjadi kecelakaan pengendara, akibat gangguan penerangan jalan kan sangat disayangkan. Padahal mereka sudah berkontribusi pada pendapatan dari PJU ini,” pungkasnya.(*)

Reporter: Rengga Yuliandra

spot_img

Update